Minggu, 24 Mei 2015

Tips MicroSD Ponsel agar awet

Tips MicroSD Ponsel agar awet. Tahukah anda bahwa Memori jenis MicroSD sangat rentan terhadap kerusakan. Baik kerusakan kehilangan data sampai rusak fisiknya sehingga tidak bisa ditulis maupun dibaca lagi. Dunia android akan membahas tips atau cara agar microSD tetap awet dan tahan lama. yuk ikuti pembahasannya.


Sebelum membahas ke inti materi, perlu diketahui bahwa komponen didalam microSD berupa rangkaian kecil IC penyimpan data, dimana komponen-komponen yang terpasang lebih kecil dibanding komponen memori seperti flashdisk ataupun harddisk. Karena komponen yang terpasang kecil maka akan rawan terhadap kerusakan data maupun fisik kkmponen tersebut. Lonjakan arus sampai proses jatuhpun bisa menyebabkan kerusakan pada microSD.

Apa saja cara agar memori MicroSD bisa tahan lama dan awet ?, berikut ini tipsnya :

1. MicroSD jangan sering terjatuh. mengapa ?, selain komponen didalamnya rawan terhadap goncangan ternyata proses getaran karena jatuh bisa menyebabkan hilangnya data secara tiba-tiba.

2. Hindari pembacaan microSD ke komputer melalui card reader. Banyak kasus terjadi pengguna kehilangan seluruh data setelah proses baca tulis data di komputer. Ingat, arus tegangan di komputer / laptop lebih besar daripada arus yang dihasilkan ponsel.

3. Bila ingin sekedar transafer data ke PC sebaiknya gunakan fasilitas transfer data dari ponsel dengan memanfaatkan kabel data bawaan ponsel, itu lebih aman.

4. Jangan paksa mentransfer file berukuran besar misalnya ratusan mega sampai Giga dalam satu waktu. transfer file dengan ukuran besar secara bertahap, jangan langsung Copy paste seluruh file yang besar. Karena panas yang dihasilkan proses transfer bisa memperpendek umur microSD anda.

5. Bila ingin melepas kartu microSD dari ponsel maupun mencabutnya dari PC lakukan dengan cara yang benar, yaitu melalui menu 'remove removable disk safetly' agar proses baca tulis di microSD terhenti dan aman untuk dicabut.

6. sebisa mungkin jangan gunakan microSD untuk memutar file film atau movie dengan durasi yang panjang, karena bisa menyebabkan microSD cepat panas dan rusak.

Nah, hal-hal yang saya sebutkan diatas adalah tips agar microSD kita berumur panjang alias awet. Semoga artikel diatas bermanfaat.
baca juga : MicroSD error setelah dicolokkan Ke PC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar