Sabtu, 16 Mei 2015

Cara Hemat baterai dengan ubah jaringan

Cara Hemat baterai dengan ubah jaringan. Apa yang hubungan antara hemat baterai dan jaringan ?, tentu saja ada dong, kalau tidak ada pasti admin Dunia android tidak akan mengulasnya kali ini..hehe. Mau tahu apa dan bagaimana menghemat penggunaan baterai dengan cara mengubah jaringan ? simak yuk ulasannya di bawah ini.

Banyak sebagian pengguna ponsel android maupun ponsel dengan sistem operasi yang lain tidak mengetahui kalau borosnya penggunaan baterai sebagian besar karena modw jaringam tertentu. Mode jaringam yang banyak memguras daya baterai adalah mode HSUPA (HSDPA) atau bisa juga disebut WCDMA maupun 3G. Penggunaan daya pada jaringan HSDPA (H+) sangat menguras isi daya baterai sebuah ponsel, dimana contoh mudah untuk membedakan kalau ponsel menggunakan mode HSDPA dan mode EDGE yaitu pada panas yang dihasilkan. Lihat dan rasakan ponsel sobat bila anda berada di jaringan EDGE pasti ponsel seakan normal-normal saja alias dingin, tapi sebaliknya kalau dalam kondisi mode HSDPA bisa dipastikan ponsel akan hangat sampai terasa panas bila dipegang. Itu semua karena sumberdaya baterai dipergunakan secara maksimal untuk mendapatkan kualitas jaringan yang kuat dan cepat. 

Maka dari itu suatu tips sederhana bila ingin daya baterai ponsel anda awet dan tahan lama tentunya sobat harus rela merubah jaringan dari mode HSDPA ke mode EDGE (GSM). Kalau belum tahu cara mengubah kondisi default dari mode jaringan silahkan simak caranya di bawah ini.

1. Silahkan menuju ke setelan sistem di ponsel sobat, cari menu Nirkabel dan jaringan disitu ada menu 'selengkapnya'

2. Silahkan masuk ke menu 'jaringan selular' dan sobat pilih menu 'layanan 3G'


3. Setelah menu layanan 3G terbuka disitu anda akan melihat 2 pilihan yaitu 'aktifkan 3G' dan 'mode jaringan'. Biasanya kalau ponsel dengan double simcard pilihan mode jaringan hanya berisi 'otomatis' dan 'WCDMA'. berarti cara yang pas untuk merubah mode jaringan adalah melalui menu 'Aktifkan 3G'.

4. Masuklah ke menu aktifkan 3G dan pastikan simcard yang anda gunakan untuk koneksi internet jangan dipilih (jangan dicentang). Biarkan kartu yang lain yang kita pilih, toh kita tidak memggunakannya untuk koneksi internet nantinya. 


5. Setelah cara diatas dilakukan maka mode jaringan akan berubah ke posisi E walaupun nantinya ada jaringan HSDPA di area kita.

Tentu dengan mengubah mode jaringan dari H ke E akan membuat koneksi internet lambat, namun itu semua tergantung pada sobat sekalian. ingin baterai awet tapi koneksi lambat atau memilih koneksi cepat tapi baterai boros. Monggo dipilih..hehe. semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar