Rabu, 27 Mei 2015

Mengatasi ponsel Baterai non removable kena air

Bagaimana mengatasi Ponsel Baterai Non removable bila terkena air ?. Mungkin sebagian pengguna android yang menggunakan smartphone dengan tipe baterai non removable ( NRB ) bertanya-tanya bagaimana pertolongan pertama yang dilakukan apabila ponsel kemasukan atau terkena air ?. Untuk menjawabnya silahkan disimak ulasan di bawah ini.


Ponsel dengan baterai jenis non removable ( baterai yang include didalamnya ) memang ada kekhawatiran bila suatu saat terkena air dan sampai masuk ke dalam jeroan ponsel. Tidak bisa dihindari memang itulah resiko terhadap tipe non removable baterai. Kemudian, bagaimana bila ponsel telah terlanjur kemasukan air ? apa yang mesti dilakukan ?, berikut ini salah satu jawabannya.

1. Yang paling utama bila ponsel baru saja terkena air dan kemungkinan masuk sampai ke dalamnya maka segera matikan ponsel anda dan buka cover belakang ponsel.

2. Setelah ponsel dalam kondisi mati jangan sekali-kali menyalakan kembali walau hanya ingin meyakinkan ponsel tersebut menyala atau tidak karena rawan terjadi konsleting / arus pendek pada komponen yang terkena air.

3. Tegakkan posisi ponsel, dimana meletakkan ponsel yang kemasukan air pada posisi datar akan menyebabkan air tidak akan cepat keluar melalui sela-sela sudut ponsel.

4. bila ada sinar matahari segeralah menjemur ponsel agar uap air segera mengering, bila terjadi pada malam hari gunakan hair dryer rambut untuk mengeringkan dan menguapkan air dalam ponsel.

5. Anda bisa mengkibas kibaskan ponsel dengan arah tegak agar air cepat mengalir melalui sela-sela ponsel.

6. Setelah hal diatas dilakukan maka ada cara terakhir yang manjur untuk menghilangkan kelembaban air dalam ponsel yaitu menanam ponsel di beras. Beras bukan hanya bisa dimakan namun sangat manjur untuk mengatasi kelembaban, beras bisa berfungsi seperti halnya silica gel.

7. Bila memungkinkan segeralah membawa ke service center terdekat. jangan sekali-kali mencoba membongkar ponsel tanpa didampingi orang yang berpengalaman.

Hal-hal diatas adalah solusi bila ponsel dengan baterai non removable kemasukan air. Untuk jenis ponsel yang menggunakan baterai removable akan lebih aman jika hal diatas terjadi. semoga ulasan diatas bermanfaat.

4 komentar:

  1. saya mau nanya nih, hp saya kan kena air, trus saya malah mencoba nyalakan saat masih basah, akibatnya layar dan suara jd tak karuan, apa dengan saya tanam di beras saja bisa memulihkan hp saya seperti semula?

    BalasHapus
  2. TOlong dijawab secepatnya ya terimakasih

    BalasHapus
  3. Handphonenya saya xiaomi redmi note 4 terkena air ludah anak saya.. saya kira tidak apa2 hanya dengan menggunakan lap saja.. tapi setelah saya gunakan untuk menelpon malah suara saya tidak terdengar sama penerima telpon.. tp kalo saya speaker baru terdengar suara saya oleh si penerima telp.. tolong solusinya dong agar saya menelpon tidak harus menggunakan speaker lagi..

    BalasHapus