Rabu, 20 Mei 2015

Apakah Ponsel android Panas itu Normal ?

Apakah Ponsel android Panas itu Normal ?. Pasti pengguna smartphone android pernah bahkan sering mengalami ponsel panas sewaktu dipegang padahal tidak dalam kondisi di charge. Nah, Untuk menjawab pertanyaan tentang panas yang ditimbulkan hardware ponsel maka dunia android akan mengulasnya untuk anda. 


Panas pada ponsel maupun perangkat elektronika adalah suatu hal yang wajar, karena didalam komponen-komponen suatu rangkaian bekerja dengan memanfaatkan arus listrik. Namun Panas yang dihasilkan rangkaian televisi tentu lain dengan panas yang dihasilkan rangkaian sebuah ponsel. Dahulu, ketika ponsel masih sebatas sistem operasi java jarang sekali panas yang dihasilkan seperti ponsel sekarang yang kebanyakan berbasis Android. Apa ada yang salah dengan sistem operasinya ataukah ada yang salah dengan komponennya ?, tentu tidak. Panas yang dihasilkan pada ponsel android bisa dijabarkan sebagai berikut :

1. Ponsel android panas itu normal karena adanya aktifitas koneksi data internet dengan mode HSUPA atau WCDMA. Mode tersebut akan memaksa seluruh komponen untuk bekerja secara maksimal agar menghasilkan kekuatan penerimaan data di ponsel. Maka dari itu akan lain jadinya bila kita mensetting mode jaringan pada Mode EDGE pasti ponsel akan lebih dingin. 

2. Bila ponsel dalam kondisi mode Edge namun tetap panas, itu bisa dikatakan tidak normal. Namun sebelum mendakwa ponsel anda tidak normal karena panas yang dihasilkan silahkan di cek dahulu apakah ada aplikasi yang sedang berjalan seperti memainkan media player atau sedang main game. Aktifitas aplikasi yang berjalan tentu akan menyebabkan panas pada ponsel dan itu normal.

3. Bila tidak ada aplikasi yang berjalan dan sambungan data dimatikan namun ponsel tetap panas, itu pertanda ada masalah pada ponsel anda. Coba copot baterainya beberapa menit lalu pasang kembali dan hidupkan. bila tetap panas dan panasnya terasa tidak normal ketika digenggam berarti ada kebocoran atau kerusakan pada komponen ponsel.

4. Bagaimana mengukur panas yang normal pada android dengan mudah ?, sebenarnya tangan kita sudah bisa membedakan bagaimana panas yang berlebihan maupun yang tidak. Asal tidak tercium bau menyengat seperti komponen terbakar maka ponsel android masih normal.

Dari penjabaran tentang panas pada ponsel android diatas setidaknya menghilangkan kekhawatiran para pengguna android bahwasanya memang panas yang dihasilkan ponsel itu wajar dengan batasan-batasan tertentu. Bila dirasa panasnya berlebihan dan kita khawatir terjadi kerusakan pada ponsel silahkan dibawa ke tempat service agar dideteksi penyebab-penyebabnya. 

Semoga ulasan singkat tentang panas di ponsel android bermanfaat bagi pecinta Dunia android. Jangan lupa baca-baca ya artikel menarik lainnya di bawah ini....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar