Senin, 04 Mei 2015

Penghalang akurasi GPS Ponsel Android

Penghalang akurasi GPS Ponsel Android. Sudah bukan rahasia lagi kalau smartphone sekarang ini tidak lengkap tanpa adanya Fitur GPS didalamnya. Dengan GPS pula manusia semakin dimudahkan untuk menentukan jarak, kecepatan arah dan posisi secara realtime. Namun masih banyak yang mempertanyakan keakuratan atau akurasi sebuah GPS yang ada di ponsel khususnya dalam hal ini Smartphone android. Apa saja sebenarnya yang mempengaruhi ketepatan pengukuran di GPS ?, simak ulasannya di bawah ini.


1. Kondisi geografis. dimana sebuah GPS akan berfungsi maksimal jika dihadapan atau sekeliling kita terhampar daratan yang luas tanpa lembah batuan, gedung tinggi maupun gunung yang menghalangi. Karena dengan adanya penghalang ekstra tinggi itu sinyal yang dipancarkan dari berbagai sudut dari satelit tidak akan maksimal.

Ilustrasi tracking GPS posisi di lembah

2. Hutan. semakin lebat hamparan hutan maka makin berkurang sinyal yang dapat diterima oleh GPS tracker maupun ponsel dengan fitur GPS

3. Air , tentunya jangan anda berharap mendapat keakurasian data posisi ketika kita sedang berada dibawah air seperti berenang atau sejenisnya.

4. Kaca film di mobil, kaca film terutama yang mengandung unsur metal.

5. Dekat dengan Alat-alat elektronik yang dapat mengeluarkan gelombang elektromagnetik yang dapat merusak signal GPS.

6. Gedung tinggi. penggunaan GPS tepat berada di antara 2 buah gedung tinggi juga akan menyebabkan dampak seperti berada di dalam lembah yang curam.

7. Sinyal yang memantul, maksudnya sebuah contoh apabila kita berada di antara gedung-gedung tinggi maka pantulan tersebut dapat mengacaukan perhitungan alat GPS sehingga menjadi kurang akurasinya.

Walau dengan penjabaran diatas, bukannya GPS kehilangan semua keakurasiannya, diantara beberapa peralatan GPS juga ada yang mempunyai tipe tertentu untuk mengatasi keadaan seperti diatas. Kalau hanya sebuah ponsel yang tertanam fitur GPS akan lain dengan alat GPS tracker yang murni untuk keperluan navigasi pada umumnya. 

Semoga seuntai ulasan tentang keakurasian GPS ponsel android diatas bermanfaat.

Baca juga : Melacak pacar dari HP android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar