Jumat, 29 Mei 2015

Samakah Hotspot android dengan Access point ?

Bisakah disamakan artinya Hotspot di android dengan access point ?. Mungkin banyak pengguna android mengenal apa itu hotspot. banyak sekali bertebaran sekarang ini tempat-tempat yang memasang fasilitas hotspot untuk berbagi koneksi internet, baik itu gratis maupun yang berbayar. Kali ini dunia android akan membahas tentang sama atau tidak pengertian hotspot atau access point. mari kita simak ulasannya.

Bila di android ada menu khusus jaringan wireless dengan label hotspot namun belum ada kata khusus tentang access point didalamnya. Hotspot seperti kita ketahui merupakan istilah cabang dari titik akses atau access point itu sendiri. Hotspot menjadi kata yang sering diucapkan untuk istilah koneksi jaringan tanpa kabel yang instant. Lalu apa hubungan hotspot dengan access point ?


Access point dalam terminologi informatika bisa diartikan titik temu dimana suatu jaringan terhubung. Access point bertugas memberi akses ke suatu jaringan dimana client bisa terhubung ke server. access point juga bertugas membatasi, mengijinkan serta memutus alur koneksi dari client. Access point juga bisa memfungsikan dirinya sebagai router, Bridge maupun menamakan dirinya sebagai hotspot dalam tugasnya. 

Jadi pada ponsel atau peralatan wireless yang bisa memfungsikan dirinya sebagai hotspot pasti alat tersebut secara otomatis berfungsi sebagai access point dari jaringan client. masing-masing client yang ingin terhubung ke hotspot bisa melalui tahap autentifikasi. Sekarang ini smartphone android rata-rata bisa untuk membagi koneksi maksimal 8 client, semakin banyak yang terhubung maka semakin besar pula beban data serta kualitas transfer rate-nya. 

Semoga sedikit ulasan tentang hotspot dan access point ponsel android diatas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar