Sabtu, 15 November 2014

Cara atasi aplikasi berhenti mendadak

Mungkin sebagian pengguna android sedah pernah merasakan aplikasi yang sedang terbuka tiba-tiba 'not responding' alias berhenti mendadakntanpa diketahuo sebabnya. Tentu bila berhentinya cuma satu atau dua kali sih nggak apa-apa, namun bila sering terjadi suatu aplikasi berhenti mendadak dan ada notifikasi harus menutup aplikasi tersebut itulah yang bisa bikin darah cepat naik...hehe. Disini dunia android akan memberikan tips cara atasi aplikasi berhenti mendadak.

Langsung saja, disini saya ambil contoh aplikasi di handphone android bernama blogger punya saya yang sering 'gagal jantung' alias error. Di gambar bawah ada notifikasi kalau aplikasi blogger sedang bermasalah dan harus ditutup.


Untuk mengatasi agar tidak keluar lagi peringatan seperti halnya contoh gambar diatas maka lakukan pembersihan data aplikasi. Caranya ?..ikuti yuk lanjutannya...

1. Buka menu setelan atau setting dan pilih 'apl' alias aplikasi.

2. Selanjutnya sobat akan ditampakkan berbagai aplikasi yang terpasang di HP android milik sobat. Disitu pilih nama aplikasi yang bermasalah tadi. Saya ambil contoh aplikasi blogger saya seperti gambar di bawah.


3. Setelah terpilih, akan tampak tampilan seperti halnya gambar di bawah. Apa yang kita lakukan?, mudah saja, klik saja tombol 'Hapus data'. Dan bila ada notifikasi pertanyaan jawab saja dengan menekan tombol 'yes' atau 'ya'.


4. Setelah berhasil maka akan tampak ukuran data kembali 'nol'. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.


5. Dari situ saja sudah bisa dipastikan aplikasi sobat akan berjalan lagi dengan sempurna.

Kemudian ada suatu pertanyaan, bagaimana bila setelah melakukan aksi diatas aplikasi tetap 'mogok kerja' alias tetap mengalami crash bin trouble bin 'not responding'. Tentu cara terakhir hapus installasi aplikasi dan pasang kembali. Dijamin deh cara terakhir lebih tok cerrrr...hehe. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar