Rabu, 03 Juni 2015

Beda Baterai removable dan non removable

Beda Baterai removable dan non removable itu apa ?. Banyak pertanyaan seputar baterai yang lagi popular yaitu baterai jenis Non Removable atau NRB. Kebanyakan ponsel kelas menengah keatas sudah mengaplikasikan jenis baterai NRB daripada baterai jenis removable ( bongkar pasang ). Pertanyaannya, apa beda antara keduanya ?


Yang namanya baterai pasti mempunyai manfaat sebagai sumber daya bagi perangkat elektronika. Begitu juga jenis, bentuk serta accesories pelengkapnya tentu masih dinamakan sebuah baterai karena mengeluarkan arus dan tegangan. Menjawab pertanyaan tentang beda baterai NRB dan Removable sebagai berikut :

1. Dari bentuknya, baterai non removable umumnya slim atau lebih tipis dari baterai removable. karena dari segi desain baterai non removable akan menyesuaikan bentuk ponsel sekarang ini yang rata-rata didesain tipis.

2. Dari konektornya, baterai non removable umumnya menggunakan konektor berbentuk kabel fleksible. Kalau di baterai removable bentuk konektor menempel di baterai namun di baterai non removable ada semacam kabel fleksible yang nantinya ditancapkan ke mainboard ponsel.

3. Dari segi daya, baterai non removable tidak ada beda yang signifikan dengan removable. karena daya baterai tergantung dari tipe ponsel yang diproduksi.

4. Dari segi besar tegangan, hampir semua produk ponsel saat ini mempunyai tegangan setara yaitu 3,7 volt.

5. dari segi kemudahan dan penempatan, baterai non removable sudah menjadi satu kesatuan dengan bodi ponsel dengan tujuan tertentu. lain dengan tipe removable yang bisa dibongkar pasang sesuka hati. Namun banyak keluhan dan kekhawatiran dengan adanya baterai non removable seperti bila susahnya penanganan waktu ponsel terkena air sampai pada segi suku cadangnya yang jarang didapat secara bebas di pasaran.

Semoga ulasan tentang beda baterai NRB dan removable diatas bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar android di bawah ini ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar