Minggu, 07 Juni 2015

Fungsi GPU dan kinerjanya di Smartphone

Apa itu GPU dan fungsinya di Smartphone ?. GPU atau Graphic Processing Unit sudah menjadi salah satu tolok ukur dalam memilih dan melihat kinerja smartphone sekarang ini.GPU sendiri layaknya komponen lain seperti Processor dan RAM sudah menjadi satu paket yang tidak dapat dipungkiri lagi kinerja dan fungsi vitalnya. Lalu apa pengertian GPU pada umumnya dan GPU khusus untuk android ?. mari simak ulasan singkatnya di bawah ini.


GPU merupakan unit pengolah grafis atau tampilan visual dimana kerja dari GPU sebagai penyempurna dan memperingan kjnerja Procesor dan Ram dalam suatu proses tertentu. GPU sendiri memfokuskan tugasnya untuk melakukan rendering image yang nanti ditampilkan ke layar output. Contoh ada gambar baik itu vektor, 2 Dimensi maupun 3D yang akan diproses dan akan ditampilkan ke layar ponsel maka tugas GPU adalah sebagai rumah proses baik buruknya hasil yang ditampilkan. Semakin hebat spesifikasi GPU maka semakin halus pula tampilan visual yang ditampilkan. Processor saja tidak akan mampu melakukan tugas rendering image / video tanpa bantuan GPU.

Di dalam GPU juga mempunyai memory sementara berupa RAM yang berfungsi sebagai Memori selama proses berlangsung. Semakin besar RAM di dalam sebuah GPU maka kinerja menciptakan sebuah tampilan yang dihasilkan tidak akan membebani RAM utama serta processor dalam ponsel itu sendiri. Contoh aplikasi yang banyak memanfaatkan kerja GPU antara lain Aplikasi Game, aplikasi pengolah Video, Video player, Aplikasi Editing Gambar, Kamera serta perekam Video. Jadi Halus, ketajaman, resolusi dan lancarnya image / video ditampilkan di layar merupakan kinerja dari GPU sebelum diolah lebih lanjut oleh processor.

Sudah tahu kan apa itu GPU dan fungsinya ?, untuk mengetahui apa merek dan kinerja GPU ponsel anda bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Benchmark yang sudah saya ulas di artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar