Selasa, 14 April 2015

Samakah Virus Komputer dan Android ?

Samakah Virus Komputer dan Android ? , apakah virus komputer / PC bisa menginfeksi android atau sebaliknya ?. untuk menjawab semua itu mari kita simak ulasan versi Dunia android tentang apa beda virus di komputer dan android. baik itu cara eksekusinya, ciri-ciri khususnya dan lain sebagainya. baca dengan seksama ya ..hehe


Virus, worm, malware, trojan, spyware adalah bentuk-bentuk penamaan dari cara menyerang maupun penargetannya terhadap sumber yang diinfeksi. Sejak jaman munculnya sistem operasi suatu perangkat elektronik yang namanya virus sudah tercipta. virus ataupun yang sejenisnya bertujuan untuk seauatu yang 'jahat' tanpa mengindahkan hukum IT yang berlaku. Sejak booming adanya Sistem Operasi android, virus bukannya menyusut keberadaannya malah semakin menjadi dan merasa ada tanrangan tersendiri bagi penciptanya. Namun tahukah sobat bahwa sebenarnya jenis file virus di android dan PC itu sebenarnya berbeda ?. berjalannya file ketika dieksekusipun juga ada perbedaan satu sama lain. Untuk menjawab itu ikuti perbedaannya virus komputer dan virus android di bawah ini.
  1. Virus komputer dan virus android tidaklah sama ekstensi filenya. di komputer OS windows misalnya, ciri ekstensinya bisa berupa 'exe', 'cmd' maupun format lain yang bisa dimengerti oleh bahasa sistem itu sendiri. Sedangkan diandroid file ekstensinya umum kita lihat sebagai 'apk'. Antara 'apk' dan 'exe' antara keduanya tidak bisa saling berjalan di sistem operasi masing-masing perangkat. file exe atau cmd tidak dapat dieksekusi atau berjalan di android. begitu juga file apk tidak dapat berjalan di PC. Apakah benar tidak bisa berjalan ?, bisa saja, asal kedua OS tersebut sama sama menggunakan emulator untuk mengeksekusinya.
  2. Virus di PC maupun di android berbeda cara bersemayamnya. Maksudnya, setiap virus akan menanam induknya pada suatu folder tertentu. Contoh di windows, virus bisa bersemayam di folder ' ..windows\system32\..', kalau diandroid pasti tidak ada folder dengan nama tersebut. maka dari itu virus tidak akan berjalan lintas platform. Kecuali memang suatu saat nanti ada pembuat virus lintas platform yang bisa berjalan di OS apapun. 
  3. Virus di komputer dan di android selain beda cara eksekusinya juga beda cara eksekusi modulnya. bentuk perintah 'Command prompt' di komputer dan di android sudah berbeda. 
Nah, beda dan ciri-ciri virua komputer dan android diatas adalah sekelumit perbedaan yang bisa Dunia android jabarkan. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar