Rabu, 08 April 2015

Kenali Hardware android sebelum protes

Kenali Hardware android sebelum protes . maksud judul diatas apa ?. Begini sobat Dunia android, Sudah mahfum dan umum dalam penggunaan perangkat pintar seperti Smartphone android banyak pengguna yang belum faham benar kinerja perangkat yang dipegangnya namun sudah banyak mengeluh dan protes kesana kemari. entah itu protes karena ponselnya kurang responsive, mengeluh kinerja ponsel lambat dan banyak sekali keluhan lainnya.

Ada yang perlu difahami disini, bahwa bagaimanapun sebuah sistem itu bekerja akan berbanding lurus dengan jeroan perangkat ( hardware ) itu sendiri. Kinerja ponsel dengan Prosessor 500-an GHz tentu tidak akan sama cepatnya dengan kinerja ponsel dengan senjata Prosessor 1 GHz apalagi yang 2 GHz. Jadi kenali dulu perangkat anda sebelum mengeluhkan kinerja. 


Berikut ini contoh cara mengenali perangkat sobat baik dari segi hardware maupun aplikasi yang nantinya para pengguna android bisa lebih mengoptimalkan penggunaannya.

1. Kenali dahulu kekuatan HP android sobat, seperti berapa besar prosessor, RAM dan internal memori-nya. Bisa dilihat di spesifikasinya.

2. Install aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. karena semakin banyak aplikasi besar yang tertanam semakin memperberat kinerja HP.

3. Bila sudah terlanjur terinstall banyak aplikasi, silahkan dipilah-pilah dan dibuang yang tidak perlu. contoh, bila sudah menggunakan browser opera maka unistall browser lain seperti chrome, firefox maupun UC browser. 

4. Jangan banyak menginstall berbagai aplikasi messenger, karena aplikasi-aplikasi messenger melakukan sinkronisasi data via internet secara terus menerus.

5. Rajin bersihkan file sampah maupun tutup aplikasi yang sedang berjalan namun tidak sedang digunakan.

6. Jangan menjalankan aplikasi yang berat seandainya kekuatan prosessor dan ukuran RAM kecil. contoh aplikasi game 3D atau aplikasi browser yang rakus memori.

Nah, dengan mengetahui seluk beluk Ponsel yang kita punya, nantinya akan semakin faham pula bagaimana sebuah aplikasi bekerja di perangkat smartphone kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar