Jumat, 18 April 2014

Fungsi dan Cara Melakukan Factory Reset Pada Android

Cara Melakukan Factory Reset Pada Android - Sebagai pengguna android tentunya memahami apa itu factory reset atau biasa disebut Reset , ini merupakan  meteode yang dapat digunakan untuk mengembalikan pengaturan ponsel ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik. Factory reset ini  berguna disaat android anda mengalami kegagalan system atau bootloop di smartphone android anda dan bisa dilakukan dengan 2 cara.



Sebelumnya anda perlu mengetahui mengapa perlu dilakukan Factory Reset. Secara umum reset berfungsi untuk membersihkan perangkat serta manajemen yang mudah terhindar dari file atau dokumen spam yang tidak berguna. Dan fungsi utama reset adalah  untuk memperbaiki kondisi gadget dari masalah yang di alami smartphone android anda.

bila gadget anda telah lama di gunakan, memang akan menyebabkan problem karena memori penuh dengan sesuatu yang tidak bisa dihapus dan itu dari aplikasi yang sudah terinstall, ataupun dari log, browser dan dari file yang tidak kita ketahui/tidak kita inginkan. Anda bisa melihat  pada RAM Android anda yang tidak bisa terhapusnya secara permanen. bila dihapus pasti kembali lagi. Dan perlu diingat Factory reset dapat menghapus semua data di Android kecuali pada SD Card, tetapi Anda juga bisa memformat SD Card dengan mencentang format SD Card.

Berikut ini saya akan jelaskan 2 cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan reset smartphone android.

Cara Pertama

Cara pertama ini untuk melakukan factory reset sangatlah mudah. Cara ini dapat dilakukan pada menu setting di android.

  • Masuk ke Setting ⇨ lalu pilih Privacy.
Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android
  • Dalam menu Pengaturan Privasi, tekan pilihan Factory Data Reset, dengan mengisi kotak centang yang sesuai. Kemudian mengkonfirmasi tindakan dengan menekan ulang Phone/reset phone.
Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android
NB: Bila ingin data di SD Card tidak akan terhapus lakukanlah backup terlebih dahulu pada data di memori internal yang Anda anggap penting.

Cara kedua

Untuk Reset Cara yang ketiga ini dapat anda lakukan melalui Recovery mode untuk mengatasi masalah gagal restart (bootloop), atau juga bisa mengatasi lupa password/pattern. Untuk bisa mengakses Recovery mode dan melakukan reset simak caranya berikut:

  • Matikan dulu ponsel.
  • Lalu tekan tombol power + home + volume down (tekan secara bersamaan).
  • Kemudian pilih "wipe data/ factory reset".
  • Selanjutnya pilih "Yes--delete all user data".
  • Selesai, terakhir pilih "Reboot system now".

Itulah beberapa cara factory reset yang dapat di lakukan pada perangkat anda, Semoga artikel Cara Melakukan Factory Reset Pada Hp Android ini dapat berguna untuk anda, semoga Bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar