Kamis, 16 Januari 2014

Virus malware di whatsapp

Whatsapp sebagai aplikasi social media memang semakin banyak dipakai pengguna OS android. karena fiturnya yang user friendly maka whatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting terpopuler. Ternyata dibalik kepopulerannya whatsapp juga tidak luput dari serangan-serangan virus misalnya malware. virus malware di whatsapp mulai terdeteksi akhir-akhir ini dan sudah di rilis peringatannya oleh pihak whatsapp dan vendor antivirus.

Malware, merupakan varian dari banyaknya nama virus. berbeda dengan virus ( walau bisa dikatakan virus juga ) bahwa malware sekali menginfeksi targetnya maka akan menyebabkan ketidak-sinkron-an di dalam software dan bahasa hardware ( bahasa mesin ) di perangkat yang terjangkit. Malware pada awal menyusupnya terkadang tidak begitu dirasakan pengguna, tapi lambat laun akan terasa janggal apabila pengguna gadget melakukan eksekusi suatu aplikasi atau menu yang sengaja menjadi target sang malware.

Salah satu contoh malware yang sekarang ini sering menjangkiti whatsapp adalah malware dalam golongan wauchos. malware ini berbahaya, karena bahayanya sampai-sampai hanya 7 jenis antivirus saat ini yang masih dapat mengenali jenis malware di whatsapp ini. Ciri-ciri malware yang ingin menyusup ke gadget pengguna android biasanya akan muncul pesan chatting dengan kata-kata “Your friend has just sent you a photograph in WhatsApp. Open attachments to see what it is.”  lihat contoh gambar diatas. dan bila sudah terlanjur dibuka maka akan muncul suatu file dengan nama  "IMG003299.exe" dan akan langsung menginfeksi file-file pengguna whatsapp. dan satu lagi, ada juga malware yang mengirimkan dirinya berupa tulisan 'new voicemail' , jangan dibuka dan biarkan saja karena tautan tersebut adalah malware yang berbahaya.

Untuk menghindari malware di aplikasi whatsapp sobat agar tidak menggerogoti smartphone kesayangan, maka harus pandai dan jeli memilih dan memilah dari siapa saja pengirim pesan. intinya waspada dan selalu hati-hati.gunakan antivirus yang paling popular di gadget kesayangan sobat bila tidak yakin dengan aplikasi yang tertanam apakah itu bersih atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar